Webinar Nasional dengan tema HIGHER ORDER THINKING SKILL

Pandemi Covid-19 yang semakin meluas membuat seluruh aktifitas secara langsung harus dihentikan guna memutus mata rantai penyebarannya, dengan arti kata seluruh pelayanan di alihkan dengan system on-line. sementara dilain pihak eksistensi serta pelayanan ramah mahasiswa yang merupakan “simbolnya” pelayanan di Universitas Pamulang Terutama di Prodi Matematika FMIPA Unpam harus dilaksanakan, berbagai upaya terus dilakukan oleh Program Studi Matematika Universitas Pamulang untuk menebarkan manfaat untuk masyarakat meskipun dalam masa Pandemi Covid-19.

Rabu (25 Juni 2020) Prodi Matematika baru saja menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional secara online dengan tema “HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)”. Kegiatan ini di peruntukkan untuk masyarakat, diantara guru, dosen, mahasiswa, murid, praktisi dan kalangan lainnya. Kegiatan yang berlangsung selama 7 jam tersebut diikuti dengan sangat antusias oleh semua peserta. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta mencapai kurnag lebih 400 peserta. Kegiatan ini diadakan melalui Zoom dan juga Youtube Channel Universitas Pamulang.

Peserta Wabinar

Hadir dalam acara pembukaan Bapak Drs. H. Benyamin Davnie selakuWakil Walikota Tangerang Selatan. Untuk pengantar acara (Opening remarks) disampaikan langsung oleh Bapak Dr. H. Dayat Hidayat (Rektor Universitas Pamulang) dan Keynote Speaker pada acara ini adalah Bapak Drs. Taryono, M.Si (Ka. Disdik Kota Tangerang Selatan) yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dalam Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia tahun 2045.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Drs. H. Benyamin Davnie saat memberikan kata sambutan

 

Rektor Universitas Pamulang Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. saat opening remark

Narasumber yang dihadirkan antara lain Dr. Elda Herlina, M.Pd (Institut Agama Islam Negeri Batusangkar – Sumbar), Aden, S.Si., M.Pd (Universitas Pamulang – Tangerang Selatan), Beni Junedi, M.Pd (Universitas Bina Bangsa – Banten). Moderator dalam kegiatan ini adalah Ilmadi, M.Pd (Universitas Pamulang – Tangerang Selatan). Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakil Rektor Universitas Pamulang Dr. Subarto dan Dr. Dewi Anggraini, Ketua LPPM Unpam Dr. Ali Maddinsyah, M.M.,  Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Syaiful Bahri S.T, M.Eng, Ph.D dan Kaprodi Matematika  Yulianti Rusdiana, S.Si., M.Sc.

Drs. Taryono, M.Si Menjelaskan mengenai Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045.

Topik dari Narasumber pertama adalah “Pembelajaran Berbasis HOTS”. Ibu Dr. Elda Herlina, M.Pd menjelaskan mengenai apa itu HOTS?, Mengapa HOTS Penting Dimiliki Siswa dan Bagaimana cara mengembangkan HOTS dalam pembelajaran (Khususnya Matematika). Kemudian dilanjutkan dengan Narasumber Kedua yaitu Bapak Aden, S.Si., M.Pd.

Dr. Elda Herlina, M.Pd dalam pemaparannya

Topik dari Narasumber kedua adalah Penggunaan Media Secara Daring Dalam Rangka Menuju HOTS. Bapak Aden, S.Si., M.Pd menjelaskan mengenai media daring yang digunakan, content untuk mencapai pembelajaran, perangkat yang digunakan, faktor keberhasilan online learning dan system yang digunakan. Kemudian, dilanjutkan dengan narasumber ketiga yaitu Bapak Beni Junedi, M.Pd (Universitas Bina Bangsa – Banten).

Aden, S.Si., M.Pd dalam paparannya

Topik dari Narasumber Ketiga adalah Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Matematika. Bapak Beni Junedi, M.Pd menjelaskan mengenai Keterampilan Abad 21 yang dibutuhkan setiap siswa, Membangun Generasi Emas 2045 yang dibekali Keterampilan Abad 21, Kecakapan Hidup Abad 21, Pilar Pendidikan, Kompetensi yang diperlukan abad ke-21, Pembelajaran di Masa Covid-19, dan Pembelajaran dan RPP abad 21.

Beni Junaidi, M.Pd dalam paparannya

Acara berlangsung hikmat dengan peserta tersebar dari sabang sampai merauke, dengan harapan menambah wawasan bagi pendidik khusunya pendidikan matematika.