Webinar dengan tema Strategi Merampungkan Proposal Penelitian dengan Cepat

Pandemi Covid-19 yang semakin meluas membuat seluruh aktifitas yang berbau “kontak langsung” antara dosen dan mahasiswa harus dihentikan guna memutus mata rantai penyebarannya, dengan arti kata seluruh pelayanan di alihkan dengan system on-line. sementara dilain pihak eksistensi serta pelayanan ramah mahasiswa yang merupakan “simbolnya” pelayanan di Universitas Pamulang Terutama di Prodi Matematika FMIPA Unpam harus dilaksanakan, berbagai upaya terus dilakukan oleh Dosen, mulai memberikan bimbingan secara on-line melalui Grup Whatsapp sampai dengan menggunakan aplikasi lain seperti zoom, google meet atau bahkan membuat video tutorial yang berkaitan dengan Proses PBM melalui chanel youtube. Semua itu dilakukan guna memenuhi segala kebutuhan mahasiswa akan pelayanan.

Jum’at (14 Mei 2020) Prodi Matematika baru saja menyelenggarakan kegiatan Workshop secara online dengan tema “ Merampungkan Proposal Penelitian dengan Tepat dan Cepat” kegiatan ini sengaja di peruntukkan untuk mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir. Bagaimana pun juga skripsi merupakan suatu bagian yang harus mereka lalui untuk mendapatkan gelar kesarjanaan. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam tersebut diikuti dengan sangat antusias oleh mahasiswa, karena memang narasumber memberikan sesuai dengan yang dibutuhkan mahasiswa yaitu mereka butuh motivasi dan strategi cepat dalam merampungkan tugas akhir, Yulianti Rusdiana selaku Narasumber Pertama menyampaikan dalam merampungkan sebuah karya Ilmiah dalam hal ini Skripsi mahasiswa harus memiliki minimal 5 (lima) modal yaitu : 1) Lihai dalam memilih dan menentukan Topik Penelitian, 2) Lakukan bedah jurnal terkait dan terbaru sebanyak mungkin, 3) Biasakan membaca referensi dan tentukan beberapa referensi yang dominan, 4) Ikuti aturan penulisan serta menajemen referensi guna menghindari Plagiarisme, dan 5) Lakukan penyusunan Draf.

Pembicara Pertama menyampaikan materi

Kemudian Narasumber Kedua Tabah Heri Setiawan dengan topik yang disampaikan lebih fokus ke Teknik Penulisan serta motivasi, dalam paparan materi juga menyampaikan bahwa hal yang harus dan pertama dilakukan oleh seorang mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi ialah, menulis, menulis dan menulis serta jangan pernah takut salah, karena skripsi yang baik itu ialah skripsi yang ditulis dan diselesaikan.

Pemateri kedua

Selama Proses Pandemi Covid-19 Prodi Matematika FMIPA Universitas Pamulang tetap melaksanakan Proses Bimbingan, Sidang Proposal dan insyallah dalam waktu dekat Prodi Matematika akan menyelenggarakan Ujian Skripsi yang dilakanakan juga secara on-line.

Berbagai upaya untuk mewujudkan mutu dan kualitas lulusan tetap di lakukan oleh prodi matematika FMIPA Universitas Pamulang, tidak hanya untuk mahasiswa, bimbingan karir dalam menambah wawasan keilmuan juga diikuti oleh dosen, baik seminar berskala nasional dan bahkan internasional, workshop dan juga mengikuti jenjang karir seperti sertifikasi.

Antusiasme Peserta

Pada Tahun akademik 2020/2021 Prodi Matematika FMIPA Universitas Pamulang juga memberikan kesempatan yang besar buat Lulusan siswa SMA sederajat untuk bergabung di Prodi Matematika, untuk memudahkan dan supaya anjuran pemerintah stay at home tetap terlaksana. Universitas Pamulang menfasilitas semua secara on-line, mulai dari pendaftaran sampai dengan test masuk.
(Ilmadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *