UNPAM Menghadiri Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020

Foto: R Achmad Widijanto, S.Si, MM (Kepala BPS Kota Tangerang Selatan)

Sosialisasi sensus penduduk penduduk tahun 2020 dilakukan oleh Badan Pusat Statisik (BPS) Kota Tangerang Selatan untuk menuju satu data kependudukan Indonesia. Untuk membantu mensukseskan Sensus Penduduk 2020, Universitas Pamulang mengirimkan perwakilannya untuk menghadiri sosialisasi sensus Penduduk tahun 2020 yang di gelar di Swiss-Belhotel, Kota Tangerang Selatan.

Dalam kesempatan ini, R Achmad Widijanto menjelaskan tentang konsep penduduk dalam sensus penduduk adalah de jure (konsep “seseorang biasanya menetap/bertempat tinggal”) dan de facto (konsep “seseorang berada pada saat pencacahan”). Pergeseran kehidupan yang semakin melek teknologi, ledakan informasi di era Revolusi Industri 4.0, penduduk bergerak semakin cepat dan dinamis, infrastruktur telekomunikasi membaik, kemajuan teknologi informasi yang pesat, dan meningkatnya kualitas data registrasi. Hal tersebut melandasi adanya inovasi dalam pelaksanaan Sensus Penduduk kali ke-7 ini.

SP2020 dilaksanakan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. SP2020 harus diimplementasikan juga untuk mewujudkan Register Based Census (data registrasi penduduk yang berdasarkan sensus) sesuai rekomendasi PBB, sampling frame Survei Sosial Ekonomi BPS, data parameter demografi (fertilitas, mortalitas, dan migrasi), serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk, indikator SDGs, dan sebagai perencanaan dan evaluasi pembangunan. Oleh karena itu, SP2020 kali ini menggunakan Metode Kombinasi yang memadukan penggunaan data registrasi penduduk yang dikumpulkan Disdukcapil dan lapangan dengan tujuan mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia. (irv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *