Tim PHP2D Ormawa Matematika UNPAM Putuskan untuk Mengajar Paud dan TK

Tim PHP2D Ormawa Matematika UNPAM memutuskan untuk berkontribusi di kampung Citugu, yaitu mengajar paud dan TK, sekalipun kegiatan tersebut tidak termuat dalam proposal. Kegiatan mengajar paud dan TK baru dimulai di hari ketiga setelah berada di Kampung Citugu tepatnya tanggal 25/08/2021. Hal tersebut dikarenakan 2 hari sebelumnya digunakan untuk persiapan serta pengadaan mini library di Kampung Citugu.

Mengajar merupakan salah satu cara berbagi ilmu agar bermanfaat bagi orang lain. Akan tetapi, mengajar Paud dan TK mungkin sedikit berbeda dengan mengajar tingkat menengah karena membutuhkan kesabaran serta  perlakuan yang lembut.

Anggota PHP2D yang diarahkan ke paud ialah perempuan. “Biasanya anak-anak di sini lebih dekat dengan wanita dari pada laki-laki” jelas Bu Acih kepada tim PHP2D. Itulah sebabnya, yang diarahkan untuk mengajar paud dan TK adalah perempuan, sedangkan laki-laki bertugas untuk mendokumentasikan dan melakukan kegiatan lain.

Beberapa anggota tim yang turut mengajar Paud dan TK

Paud dan TK di kampung Citugu berjumlah 15 anak, 8 perempuan dan 7 laki-laki serta 2 orang tenaga pengajar. “Pengajaran paud dan TK biasanya berlangsung selama dua jam mulai dari pukul 07.30 sampai 09.30 WIB.” Ucap Bu Acih, guru Paud dan TK di kampung Citugu.

“Pengajaran anak paud dan TK diadakan 4 kali dalam seminggu, sebab hari Jumat sampai Minggu anak-anak diliburkan. Hal ini dipengaruhi oleh masa PPKM yang sedang berlangsung” lanjut Bu Acih.

Adapun rangkaian pengajaran paud terdiri dari doa sebelum belajar dengan mengucapkan Muqoddimah selanjutnya disusul dengan salam. Kemudian, guru paud mengarahkan anak-anak untuk senam selama 15 menit. Latihan pemanasan dipimpin oleh Munarsih salah satu anggota PHP2D Ormawa Matematika.

Setelah senam selesai, anak-anak dipersilakan untuk beristirahat selama 15 menit. Sementara istrahat berlangsung, guru-guru menyiapkan buku gambar untuk diwarnai oleh anak-anak. Setelah waktu istirahat berakhir, anak-anak dipersilakan untuk masuk kembali dan diarahkan untuk mengeluarkan peralatan warna.

Kegiatan mewarnai oleh TK dan Paud 

Kegiatan mewarnai dibantu oleh beberapa anggota PHP2D, dikarenakan banyak diantara anak-anak tersebut masih kurang memahami cara menggunakan pensil warna. Sementara kegiatan berlangsung, tak lupa juga tim PHP2D yang bertugas sebagai dokumentasi pun mendokumentasikan kegiatan tersebut.

Setelah kegiatan tersebut usai, tepat pukul 09.25 anak-anak diarahkan untuk berdoa setelah selesai belajar. Kemudian, anak-anak tersebut menyalami guru-gurunya serta  anggota PHP2D yang turut mengajar.

Kegiatan mengajar ini berlangsung selama dua hari berturut-turut 25-26/08 dan dilakukan secara bergiliran. Pada hari pertama, yang diarahkan ke sana ialah Munarsih, Intan dan Deka. Berikutnya, pada hari kedua Pradina dan Riska.

Anak-anak di Kampung Citugu rata-rata menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari. Sehingga, hal tersebut memunculkan niat anggota tim PHP2D untuk belajar bahasa Sunda sedikit demi sedikit.

Telah terbit di : https://www.bantennews.co.id/bantenesia/tim-php2d-ormawa-matematika-unpam-putuskan-untuk-mengajar-paud-dan-tk/