Tim PHP2D Ormawa Matematika Turut Berkontribusi dalam Kegiatan Mengajar dan Mengaji

Keputusan untuk berkontribusi di Kampung Citugu Desa Puraseda merupakan salah satu cara untuk berbagi ilmu serta membangun relasi yang baik dengan masyarakat Citugu. Keputusan tersebut diapresiasi baik oleh pembina PHP2D Ormawa Matematika yaitu Gerry Sastro. “Saya bangga dengan kalian karena mau berkontribusi sekalipun kegiatan ini tidak teragendakan dalam proposal dan rancangan awal,” ujar beliau

Proses pembelajaran di kampung Citugu masih dilakukan secara offline dikarenakan media pembelajaran online yang tidak memadai seperti gagdet (handphone) serta jaringan. Selain itu, jumlah peserta didik di daerah ini masih terbilang sedikit. Yang mana, jumlah keseluruhan siswa SD 235 siswa, Sedangkan SMP berjumlah 78 siswa.

Pemakaian gedung sekolah Kampung Citugu digunakan secara bergantian. Untuk jadwal pagi digunakan oleh SD dari jam 07.30-10.00 WIB. Sedangkan jadwal siang digunakan oleh SMP dari jam 13.00-15.00 WIB. Sistem pergantian tersebut dilatarbelakangi oleh keterbatasan prasarana sekolah Kampung Citugu.

Kemudian, salah satu hal yang menarik yaitu lapangan yang dimanfaatkan siswa untuk berolahraga cukup jauh berkisar 3 Km dari sekolah. Selain jarak yang jauh, perjalanannya juga harus melalui tanjakan dan turunan, sehingga membutuhkan tenaga ekstra.

Kegiatan mengajar di Kampung Citugu dimulai pada Rabu, 25 /08/21 terdiri dari pengajaran Paud dan TK, SD dan SMP. Dalam kegiatan ini, anggota PHP2D berbagi tugas, agar semua anggota turut berkontribusi.

KBM di SD Citugu

Adapun SD kampung Citugu terdiri dari 6 kelas. Kegiatan mengajar hanya berlangsung selama 2 hari, Rabu dan Kamis karena Jumat sampai Minggu anak-anak diliburkan. Pada hari pertama, anggota tim PHP2D yang mengajar di SD terdiri dari Rifky, Surya, Hamzah dan Teguh. Kemudian pada hari kedua terdiri dari Intan, Deka, Munarsih, dan Riska.

Kemudian, pengajaran anak SMP berlangsung selama 3 hari, Rabu sampai Jumat. Hari pertama anggota tim PHP2D yang mengajar ialah Pradina dan Amel. Hari kedua terdiri dari Intan, Riska dan Munarsih. Dan hari ketiga terdiri dari Deka, Hamzah, dan Humaidi. Adapun SMP terdiri dari 3 kelas (ruangan), 1 ruang tiap tingkatan dengan jumlah belasan siswa.

Proses pengajaran siswa-siswi SMP Citugu

Selain kegiatan mengajar di sekolah, beberapa anggota tim PHP2D juga turut mengajar kajian anak-anak di rumah Bu Acih, selaku guru Ngaji. Anggota tim PHP2D yang turut mengaji terdiri dari Munarsih, Hamzah, Deka, Riska, Pradina, Rifky, Surya dan Humaidi. Pengajian telah dimulai pada hari pertama di Citugu tepatnya tanggal 23/08. Kegiatan ini juga dilakukan secara bergiliran.

Kemudian, tim PHP2D juga turut membantu petugas Posyandu untuk menimbang serta mendata anak-anak yang datang. Kegiatan ini dilakukan tepatnya 25/08 oleh beberapa anggota tim PHP2D yang terdiri dari Pradina, Dwi dan Rey.

Membantu kegiatan Posyandu Gelatik

Selain beberapa kegiatan di atas, tim PHP2D juga turut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT KEMRI yang ke-76 tahun di sekolah Kampung Citugu baik SD maupun SMP. Adapun beberapa perlombaan yang dilaksanakan terdiri dari joget balon, borgol kaki, permainan benteng dan kuis cerdas cermat.

Demikianlah beberapa kontribusi yang dapat diberikan oleh tim PHP2D Ormawa Matematika UNPAM kepada masyarakat Citugu. Kontribusi tersebut berlangsung sepanjang tim PHP2D berada di lingkungan tersebut.

(***)

Telah terbit di :https://www.bantennews.co.id/bantenesia/tim-php2d-ormawa-matematika-turut-berkontribusi-dalam-kegiatan-mengajar-dan-mengaji/