Sosialisasi Program Magang, Studi Independen, Kampus Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Pamulang

Pada Rabu 24 Juni 2021 Program Studi Matematika, Ilmu Hukum dan Sastra Inggris Universitas Pamulang bersama-sama menyosialisasikan beberapa Program Kampus Merdeka yang meliputi Program Magang, Studi Independen, Kampus Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mahasiswa mengenai Program Merdeka Belajar. Sebab, banyak mahasiswa yang tertarik dengan program tersebut. Adapun moderator pada sosialisasi ini adalah Ibu Nurul Lita Sari. Selain itu, sambutan disampaikan oleh Kepala Program Studi Matematika yaitu Ibu Yulianti Rusdiana.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FMIPA yaitu Pak Syaiful Bakhri, Kaprodi Sastra Inggris, Kaprodi Matematika, Kaprodi Ilmu Hukum, Tim Kemahasiswaan, dosen-dosen, serta mahasiswa Universitas Pamulang.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan melalui Via Zoom dan live YouTube pada pukul 11.00 WIB sampai selesai.  Beberapa program yang disosialisasikan diantaranya sebagai berikut. Program Magang dan Studi Independen disosialisasikan oleh Ibu Risza Putri Elburdah. Beliau menjelaskan perbedaan dari keduanya.

Sosialisasi Program Magang, Studi Independen, Kampus Mengajar
dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Kemudian, Program Magang dan Studi Independen akan memberikan sertifikat nasional kepada mahasiswa yang mengikutinya. Saran dari beliau, agar mahasiswa semester atas mengikuti program tersebut. Sebab, sertifikat ini sangat penting karena diakui secara nasional dan internasional.

Berikutnya, Program Mahasiswa Merdeka disosialisasikan oleh Pak Fajar Mediawan. Beliau membahas mengenai Pertukaran Mahasiswa Merdeka antarpulau. Tujuan program ini, agar mahasiswa dapat merasakan suasana yang berbeda di pulau yang berbeda.

Terakhir yaitu  sosialisasi Kampus Mengajar disampaikan oleh Ibu Sulastri. Beliau menjelaskan bahwa program ini bisa diikuti oleh prodi manapun, tidak harus keguruan. Pada program ini mahasiswa akan mengajar di sekolah baik luring maupun daring tergantung kebijakan sekolah tersebut.

Beberapa program tersebut merupakan Program Merdeka Belajar yang diusung oleh Kemendikbud untuk kemajuan pendidikan dan kualitas mahasiswa dalam negeri.