Small Group Discussion di Yayasan Bayt Al Huda

Minggu, 29 Mei 2022 menjadi hari yang berkesan dalam perjalanan hidup kami, karena kami boleh bergembira bersama sama para peserta didik di Yayasan bayt Al Huda, Perumahan Bumi Indah, Tangerang. Ada sejumlah 20 anak berusia 10 sampai 12 tahun yang bersama kami membuat kelompok dan bercengkrama dengan matematika.

Acara kami mulai pukul 8.30 dengan sambutan dari Mas Ilham sebagai sekretaris Yayasan dan dilanjutkan oleh Pak Gerry sebagai dosen pembimbing yang sekaligus memperkenalkan para kakak Mahasiswi yang datang. Sambutan dibawakan dengan santai sehingga tidak membuat bosan para siswa SD. Acara dibawakan oleh MC Fitri Humaeroh. Kemudian kak Indriana sebagai ketua panitia menjelaskan kegiatan apa yang akan dilaksanakan hari ini.

Program Pemahaman Konsep Matematika melalui Small Group Discussion yang kami lakukan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan memudahkan serta meningkatkan pemahaman bagi peserta didik. Dengan metode Small Group Discussion, peserta didik dapat memiliki kesempatan untuk berinteraksi supaya mendapatkan pemahaman yang lebih luas melalui diskusi bersama peserta didik lain dengan bantuan dan pengawasan dari pembina atau pengajar, melatih dalam menganalisa persoalan, dan mampu mengembangkan kerja sama, terbuka dalam menyampaikan pendapat dan menerima perbedaan pendapat. Pada metode Small Group Discussion juga melatih peserta didik untuk mengemukakan pemahaman mengenai konsep matematika yang mereka pahami dalam ruang kelompok. Melalui metode ini peserta didik dapat dibimbing untuk memperoleh pengetahuan dan tujuan yang tepat berdasarkan hasil diskusi kelompok.

Kami juga mengadakan beberapa games yang menarik untuk para peserta mencakup materi matematika sederhana dan lebih ditujukan kepada kecepatan berhitung penjumlahan dan pengurangan. Seluruh peserta mendapat bingkisan dari kami berupa makanan ringan yang dapat dinikmati bersama.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian plakat sebagai cindera mata dari kami kepada Yayasan Bayt Al Huda dan foto bersama. –gry-