Seminar OJS

OJS (Open Journal System) merupakan program kerja yang membahas tentang jurnal yang buka akses atau dapat diakses oleh siapapun. Proker ini diadakan dalam bentuk seminar yang bertemakan Kiat-kiat Mempublikasikan Karya Tulis Ilmiah.

Seminar ini diadakan oleh HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika) Universitas Pamulang khususnya Divisi Pendidikan dan Penelitian. Adapun ketua pelaksana kegiatan ini yaitu Intan Idaman Halawa mahasiswa prodi matematika semester ll.

Peserta OJS mengikuti seminar

Seminar ini dilaksanakan pada 03/07/2021 tepatnya pada hari Sabtu. Kegiatan ini berlangsung selama tiga jam, dari pukul 09.00-12.00 WIB. Seminar ini terbuka untuk umum sehingga diikuti oleh mahasiswa di luar kampus. Beberapa peserta yang berasal dari luar kampus diantaranya mahasiswa UIN dan UNJ.

Adapun, narasumber pada seminar ini terdiri dari dua pemateri. Pemateri pertama yaitu Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd. (Dosen Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah Palembang). Pemateri kedua yaitu Yulianti Rusdiana S.Si., M.Sc. (Kaprodi matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pamulang).

Karena terdiri dari dua pemateri maka topik yang dibahas pun berbeda namun masih dengan tema yang sama. Topik pemateri satu yaitu “Tips merancang artikel Penelitian dari Skripsi sesuai struktur IMRAD”. Sedangkan topik pemateri kedua yaitu “Etika berkomunikasi dengan Pengelola OJS, submit hingga Publish”.

Peserta pada seminar ini terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok berbayar dan kelompok gratis. Peserta yang memilih berbayar mendapatkan e-sertifikat, ilmu yang bermanfaat, dan relasi. Sedangkan peserta yang memilih gratis hanya mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan relasi.

Kegiatan ini berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti baik dari pemateri, peserta, panitia maupun teknis. Ilmu dan manfaat seminar ini sangat berguna