Program Studi Matematika Selenggarakan Halal Bi Halal

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Selamat Idul Fitri 1441 H,

Semoga Amal Ibadah kita diterima Allah SWT. Aamin.

Walau dibatasi jarak karena harus memutus mata rantai penyebaran Covid-19. tidak menjadi penghalang bagi Prodi Matematika FMIPA Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi dilaksanakan setelah Lebaran yaitu Halal Bihalal.

Peserta Halal Bi Halal Program Studi Matematika

Ustadz Andi Hidayat, S. Th.I., M. Ag menyampaikan dalam tausiahnya, bahwa makna halal bi halal yaitu silaturahmi dan saling memaafkan. Seperti yang telah diketahui, halal bi halal adalah kegiatan silaturahmi dan saling memaafkan yang merupakan risalah islam, dan makna halal bi halal ini tidak terbatas hanya pada saat idul fitri saja.
Adapun tujuannya adalah sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW berikut:

Barangsiapa yang telah menganiaya kepada orang lain baik dengan cara menghilangkan kehormatannya ataupun dengan sesuatu yang lain maka mintalah halalnya pada orang tersebut seketika itu, sebelum adanya dinar dan dirham tidak laku lagi (sebelum mati). Apabila belum meminta halal sudah mati, dan orang yang menganiaya tadi mempunyai amal sholeh maka diambilah amal sholehnya sebanding dengan penganiayaannya tadi. Dan apabila tidak punya amal sholeh maka amal jelek orang yang dianiaya akan diberikan pada orang yang menganiaya. (HR. Al Bukhori)

Banyak hadits yang sangat mementingkan makna halal bi halal atau menjaga silaturahmi dan saling memaafkan, diantaranya adalah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Siapa saja yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan pengaruhnya, maka sambunglah tali persaudaraan” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Tidak ada dosa yang pelakunya lebih layak untuk disegerakan hukumannya di dunia dan di akhirat daripada berbuat zalim dan memutuskan tali persaudaraan” (HR. Ahmad dan al-Tirmidzi)

Pada kesempatan yang sama juga hadir Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Saiful Bahkri, S.T. M.Eng.Sc.,Ph.D dalam sambutan beliau menyampaikan selamat lebaran minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan bathin. serta apresiaisi kepada Prodi Matematika, walau dalam keadaan dibatasi untuk bertatap muka, tetapi halal bihalal yang sudah menjadi tradisi tetap dilaksakan. Selanjutnya beliau juga berpesan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik antara mahasiswa, alumni, dosen dan staf tetap dipertahankan. Terlebih dalam rangka mempersiapkan proses Reakreditasi, tentu dukungan dari seluruh stake holder dan pemangku kepentingan sangat diharapkan.

Yulianti Rusdiana, S.Si.,M.Sc selaku Ka. Prodi Matematika menyampaikan atas nama keluarga besar Program Studi Matematika Mohon Maaf lahir dan Bathin, serta meminta dukungan penuh dari Dekan FMIPA serta seluruh stake holder untuk bersinergi dalam meningkatkan mutu dan kualitas lulusan di Program Studi Matematika.

Acara yang berlangsung selama 1 jam tersebut dihadiri oleh Dekan FMIPA, seluruh Dosen, staf, Pengurus Himpunan Mahasiswa, Perwakilan di setiap kelas dan Pengurus Alumni.
(Ilmadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.