PKM FMIPA UNPAM, Upaya Meningkatkan Pemahaman Bentuk Bangun Ruang Sisi Datar

Matematika masih dianggap salah satu pelajaran yang sulit bagi sebagian siswa/i dan menjadi mata pelajaran yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Berdasarkan beberapa referensi yang penulis dapatkan, ada berbagai cara untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika yang dianggap sulit dipahami oleh kebanyakan siswa. Salah satunya dengan metode pembelajaran diskusi dan menggunakan alat peraga.

Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, yang merupakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman bentuk bangun ruang sisi datar para siswa.

Kegiatan ini bertempat di Mts Nurul Falah, Jl. Pahlawan Kp. Bulak Saga RT.03/06 Cibadung, Gunung Sindur, Kab. Bogor, dan dilaksanakan pada Rabu 18 Mei 2022 s/d Jumat 20 Mei 2022.

Para siswa mendapatkan pengetahuan dari bentuk bangun ruang sisi datar yang diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Selain dari pada itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, sikap percaya diri dan keberanian dalam mengemukakan ide dan konsep dengan membuat karya cipta yang berhubungan dengan Bangun Ruang Sisi Datar.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh Dosen Pembimbing yaitu Nina Valentika, S.Si., M.Si., dan Irfani Azis, S.Si., M.Si., serta Mahasiswa Universitas Pamulang, Diketuai oleh Rifal Arpani Pamungkas, dengan anggota Aprilia Rizka Heryanti, Fijanatin Aliyah, dan Friska Hanatami.

Kegiatan dibuka oleh Fijanatin Aliyah, dengan pemberian sambutan oleh perwakilan Mts Nurul Falah yang disampaikan oleh Kepala Sekolah yaitu Andri Maulana S.Pd.I., dan sambutan dosen pembimbing Nina Valentika, S.Si., M.Si.,

Kegiatan dilanjutkan dengan mengerjakan soal pretest kemudian pemaparan dan tanya jawab mengenai bangun ruang sisi datar yaitu bangun ruang kubus dan limas oleh Aprilia Rizka Heryanti. Selain bangun ruang kubus dan limas, pemaparan dan tanya jawab dilanjutkan mengenai bangun ruang balok dan prisma oleh Friska Hanatami. Terdapat pula games menarik terkait materi dan pemberian hadiah kepada siswa oleh Rifal Arpani Pamungkas, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan soal postest untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa setelah pemaparan materi yang disampaikan melalui alat peraga.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat dan bingkisan dari penyelenggara kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diserahkan oleh perwakilan Ketua Pelaksana kepada Kepala Mts Nurul Falah.