Pengadaan Mini Library Kampung Citugu oleh Tim PHP2D Ormawa Matematika UNPAM

Mini library merupakan perpustakaan mini yang dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya sebuah perpustakaan. Pengadaan mini library di kampung Citugu merupakan salah satu program kerja yang diusung pada proposal PHP2D oleh tim PHP2D Ormawa Matematika UNPAM.

Beberapa alasan yang melatarbelakangi pengadaan mini library ini ialah mininya literasi anak-anak di kampung Citugu karena kurangnya ketersediaan bahan bacaan. Selain itu, pengadaan mini library ini bertujuan untuk menambah wawasan anak-anak di kampung Citugu.

Pemanfaatan mini library Kampung Citugu

Adapun beberapa anggota tim PHP2D yang ditugaskan untuk mengurus atau menghandle pengadaan mini library terdiri dari Teguh sebagai ketua kegiatan dengan beberapa anggotanya yaitu, Intan, Surya dan Rey. Keempat anggota tersebut bekerjasama untuk menyukseskan program tersebut, sedangkan anggota lainnya mengurus pelatihan home industry serta membantu terlaksananya program PHP2D tersebut.

Sebelum pelaksanaan program, tim PHP2D khususnya yang bertugas untuk menangani mini library menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk pengadaan mini library tersebut. Dimulai dari pembelian hingga pengangkutan serta pembuatannya.

Pembelanjaan peralatan mini library dilakukan pada Minggu, 22/08/21 di beberapa toko perabot yang ada di Pamulang. “Baiklah, karena pemesanan menggunakan aplikasi Lazada dan shoppee sedikit rumit dikarenakan kurangnya kepercayaan terhadap toko  online, ketidaksesuaian ukuran yang diperlukan serta waktu pelaksanaan kegiatannya sudah dekat. Maka dari itu, pembelanjaan dilakukan secara offline di beberapa toko dekat Pamulang.” Ujar Rifky, ketua PHP2D Ormawa Matematika UNPAM.

Buku-buku yang sudah terkumpul dari kegiatan open donasi buku yang berjumlah sekitar 200-an diangkut ke Citugu pada tanggal 23/08/21. Namun tidak hanya buku saja, melainkan seluruh peralatan yang dibutuhkan selama kegiatan PHP2D berlangsung.

Pelaksanaan program ini berlangsung selama 2 hari berturut-turut. Hari pertama, 24/08 dengan agenda memasang 2 banner atau spanduk pada bangunan yang tersedia. Banner pertama berukuran 1,5 × 1m dipasang pada kiri depan perpustakaan, sedangkan banner kedua berukuran 80 × 40 cm dipasang di atas pintu perpustakaan.

Selain pemasangan banner, beberapa anggota PHP2D khususnya perempuan bertugas untuk memilih dan menyusun buku-buku yang ada. Sedangkan laki-lakinya memasang rak buku pada ruang perpustakaan.

Adapun beberapa kategori penyusunan buku-buku tersebut diantaranya sebagai berikut. Kategori A yaitu buku pelajaran SD, kategori B yaitu buku pelajaran SMP dan kategori C yaitu buku pelajaran SMA. Selain itu, beberapa kategori lainnya terdiri dari kategori umum yaitu buku-buku pengetahuan umum seperti ensiklopedia, kamus dan komik. Kategori berikutnya ialah kategori bacaan anak-anak, seperti cerita fabel, dongeng dan komik anak-anak.

Kemudian pada hari kedua, 25/08 beberapa orang bertugas menomori buku-buku selebihnya mengajar di Paud dan TK, SD dan SMP. Pembagian tugas tersebut bertujuan agar tidak banyak anggota tim yang nganggur (tidak melakukan apa-apa).

Setelah selesai penomoran, buku-buku tersebut disusun pada rak yang telah dipasang. Dan pada sorenya pengadaan mini library kampung Citugu selesai dan siap untuk digunakan.

Telah terbit di : https://retizen.republika.co.id/posts/13258/pengadaan-mini-library-kampung-citugu-oleh-tim-php2d-ormawa-matematika-unpam