Pelatihan Daring Teknologi Pembelajaran

Tangerang Selatan, 5 Juli 2020

Dosen Program Studi Matematika S-1 melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di SD Al Fath mengambil tema “Pelatihan Daring Teknologi Pembelajaran” sebagai upaya membantu guru-guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran untuk mengadapi masa pembelajaran daring dikarekan pandemi covid-19 yang mengharuskan proses pembelajaran dilakukan secara daring sampai akhir tahun 2020. Tim Pengabdian kepada masyarakat terdiri dari 3 Dosen dan 5 mahasiswa. Dosen yang terlibat dalam tim pengabdian kepada masyarakat yaitu Tabah Heri Setiawan, S.Si., M.Pd. selaku ketua sekaligus pemateri yang berjudul Penggunaan Mand Maping dalam meningkatkan pembelajaran, Aden, S.Si., M.Pd. sebagai pemateri yang berjudul Peningkatan Pengeloaan Pengembangan LMS, dan Andi Nur rahman, S.Si., M.Pd. sebagai pemateri untuk materi Clouding Computing for Education. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam waktu 3 hari dari tanggal 3 sampai 5 Juli 2020 dari pukul 08.00 – 11.00 WIB melalui media Zoom dengan jumlah guru yang mengikuti sebanyak 84 baik guru kelas, guru pendamping maupun guru bidang studi.

Pelaksanaan hari pertama diawali seremonial pembukaan acara pelatihan dengan round down acara, pembukaan oleh MC sekaligus moderator Andi Nur rahman dilanjut sambutan dari Yullianti Rusdiana, S.Si., M.Sc. Ketua Program Studi Matematika S-1 FMIPA Universitas Pamulang dan terakhir  Sambutan dari Kepala Sekolah SD Al Fath BSD Ibu Sri Indarwati Candra, S.Si. yang mengucapkan banyak terima kasih kepada tim PKM Prodi Matematika yang telah memerikan kesempatan berbagi ilmunya kepada guru-guru SD pada masa Pandemi Covid-19 baik materi mand maping dan Pengembangan Optimaslisasi LMS maupun Clouding Computing for Education sehingga pengetahuan dan keterampilan guru dapat ter-upgrade.

Materi dibagi menjadi 3 sesi, sesi pertama materi oleh Aden, S.Si., M.Pd. yang menyampaikan materi tentang Optimaslisasi LMS. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti materi dan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan disampaikan oleh para peserta, karena SD Al-Fath BSD sudah menggunakan LMS dengan basis Moodle akan tetapi banyak fitur yang belum dikuasai, sedangkan pemateri yang menyampaikan materini adalah Pakar e-learning Unpam yang telah bergelut dalam dunia LMS khususnya berbasis moodle selama kurang lebih 7 tahun sehingga cukup cakap dalam urusan LMS.

Sesi kedua atau pada hari kedua materi disampaikan oleh Tabah Heri Setiawan, S.Si., M.Pd. yang menyampaikan materi tentang Mind Maping. Penyampaian materi oleh kedua nara sumber berjalan dengan baik karena disertakan contoh penggunaan aplikasi untuk membuat mind mapping dengan menggunakan komputer sehingga sangat membantu guru dalam membuat materi maupun tugas dengan pendekatan mind mapping.

Untuk hari ketiga materi yang disampaikan adalah Clouding Computing for Education dengan pemateri Andi Nur Rahman S.Si., M.Pd yang menyampaikan pentingnya teknologi clouding dalam memudahkan tugas administrasi seorang guru. Dengan teknologi awan ini diharapkan guru mampu memanfaatkan semua perangkat yang terkoneksi internet dalam memudahklan tugas-tugas administrasi seperti menyusun RPP, media pembelajaran, sharing file, assesmen peserta didik dan lain sebagainya.

Setelah sesi ke-3 acara ditutup langsung oleh Kepala Sekolah sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Pengabdaian kepada masyarakat yang telah bersedia berbagi ilmu dalam masa Pandemi Covid-19. Beliau juga menyampaikan semoga dalam pembelajaran daring ini tetap menjaga kesehatan dan terus berkreasi sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Aden Unpam