Mendongeng di Yayasan Masjid Asy-Syifa

Tangerang Selatan – Mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) Program Studi Matematika menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), PKM ini dilakukan untuk mewujudkan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa atau jajaran para dosen dan petingginya.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah suatu gerakan proses pemberdayaan diri untuk kepentingan masyarakat baik dari dosen maupun mahasiswa dalam mengimplementasikan apa yang sudah didapat di kampus. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mengintegrasikan mahasiswa dengan belajar praktis di lapangan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 April 2022 di Yayasan Masjid Asy-Syifa yang beralamat Jl. Palem No.3, RT.004/RW.012, Kunciran Indah, Kec Pinang, Kota Tangerang, Banten 15144. Adapun kelompok yang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu Mahasiswa Program Studi Matematika dari Universitas Pamulang (UNPAM) yang diketahui oleh Teguh Aji Pamungkas dengan beranggotakan Ade Rahayu, Ervina Setyani, Regita Aulia Cahyani, dan Widya Astuti serta didampingi oleh Dosen Pembimbing yaitu Tabah Heri Setiawan, S.Si., M.Pd.

Adapun tema yang diambil dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah “Penguatan Literasi Numerasi Melalui Kegiatan Mendongeng”. Tema yang dipilih memiliki tujuan untuk menguatkan Literasi Numerasi anak-anak yang berada di Yayasan Asy-Syifa dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami contohnya melalui mendongeng. Oleh karena itu, dengan menciptakan suasana yang menyenangkan dapat mengubah pola pikir anak-anak terhadap matematika terutama dalam penguatan literasi numerasi bahwasanya Matematika itu tidak sesulit yang mereka alami di Sekolah. Adapun pelaksanaannya dilakukan secara tatap muka dengan tetap mengikuti dan melaksanakan protokol kesehatan. Sebelum acara dimulai mahasiswa memastikan anak-anak menggunakan masker dan dilanjutkan dengan perwakilan dari mahasiswa memberikan semangat agar anak-anak bisa tetap fokus dalam memperhatikan kegiatan yang kita akan lakukan.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa memberikan arahan dan memperkenalkan masing-masing namanya kepada anak-anak di Yayasan Asy-Syifa agar mengenal satu sama lain. Setelah itu, mahasiswa memperkenalkan karakter hewan yang terdapat di dalam dongeng yang akan kita sampaikan. Banyak kegiatan yang dilakukan selama Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Yayasan ini. Mulai dari mempersiapkan bahan untuk membuat karakter hewan yang terbuat dari barang bekas, menyusun cerita dan memberikan soal dalam dongeng tersebut dengan singkat padat dan jelas, melaksanakan kegiatan mendongeng dengan suasana yang menyenangkan, memberikan sesi tanya jawab, memberikan hadiah jika ada yang dapat menjawab soal dengan benar.

Selama melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Yayasan Asy-Syifa, para mahasiswa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Para mahasiswa juga terkesan akan sopan santun yang diterapkan dan anak-anak di Yayasan Asy-Syifa memberikan kesan yang sangat positif terhadap mahasiswa.

Setelah selesai melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Yayasan Asy-Syifa, para mahasiswa berpamitan kepada anak-anak dan juga kepada pengurus Yayasan tersebut. Dan tidak lupa juga menyampaikan ucapan terimakasih karena sudah menerima dan memberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Yayasan Asy-Syifa dan tidak lupa juga untuk berfoto bersama.

Harapan untuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini agar apa yang mahasiswa berikan dapat bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran di Yayasan Asy-Syifa umumnya dan untuk para mahasiswa khususnya.