Matematika dan Perannya Dalam Era Globalisasi

Oleh : Ryan Julio Bonisius

Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan berkembang secara pesat, sehingga informasi dapat dengan cepat kita peroleh.  Akibat  dari perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi itu muncullah suatu  masa  yang  disebut dengan  Era  globalisasi. Di era globalisasi ini banyak yang akan terjadi dalam dunia bisnis. Salah satu faktor yang paling penting adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang handal yang mampu bersaing secara meluas. Hal ini membuat semua kalangan masyarakat dituntut untuk menguasai informasi dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu diperlukan suatu kemampuan khusus untuk dapat memilih dan mengolah informasi dengan bijak. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis, logis dan sistematis memerlukan ilmu pasti yang disebut dengan ilmu matematika.

Matematika merupakan ilmu yang berasal dari pola pikir manusia yang sistematis. Matematika digunakan untuk menemukan jawaban atas semua permasalahan yang terjadi dikehidupan sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Matematika adalah cabang ilmu pengetahuan tentang bilangan, penalaran, logika, fakta-fakta kuantitatif, pola dari struktur dan masalah bidang dan ruang.

Semua orang pasti setuju bahwa pada saat masih di bangku sekolah, pelajaran yang paling sulit dan menjadi hal yang paling menakutkan adalah matematika. Bahkan banyak yang bertanya sebenarnya untuk apa belajar matematika yang seperti itu. Banyak orang menganggap bahwa tidak terlalu enting belajar matematika seperi itu, karena mereka menganggap tidak ada manfaatnya. Padahal matematika sudah mulai diajarkan sejak dini di sekolah dasar, dengan tujuan agar mereka memahami arti penting matematika untuk kehidupan manusia. Selain itu pendidikan matematika ditekankan kepada siswa segbagai alat komunikasi dan cara pandang terhadap suatu masalah. Maka dari itu pendidikan matematika menjadi kebutuhan utama bagi pelajar. Sekarang ini semakin banyak pekerjaann yang membutuhkan keahlian dan kemampuan dibidang matematika untuk memecahkan masalah dengan tepat, efektif dan efisien. Ilmu matematika dapat digunakan juga untuk mempelajari ilmu lainnya seperti ekonomi, teknik, sosial, kedokteran, arsitektur, kimia dan fisika.

Beberapa manfaat mempelajari matematika :

1. Melatih kita berpikir secara sistematis, yaitu dapat memecahkan masalah dengan secara teratur dan berurutan
  2. Melatih kita berpikir logis, yaitu berpikir berdasarkan logika, rasional dan masuk akal
  3. Melatih kita menjadi lebih teliti, yaitu menyelesaikan masalah dengan cermat dan tidak ceroboh
  4. Melatih disiplin dan sabar dalam menghadapi masalah
  5. Melatih berfikir secara objektif, yaitu menyelesaikan masalah berdasarkan fakta yang ada

Beberapa peran matematika di berbagai bidang :

1. Manajemen

Matematika berperan dalam bidang manajemen sumber daya manusia, keuangan, produksi dan pemasaran. Memecahkan masalah dalam bidang manajemen bisa dilakukan dengan menerapkan ilmu matematika pada materi program linear yang xapat menentukan nilai variabel keputusan.

2. Asuransi

Pada bidang asuransi dapat menggunakan ilmu matematika yaitu ilmu peluang yang disebut dengan aktuaris. Bidang asusansi sangat membutuhkan ilmu aktuaria.

3. Teknik informatika

Berbagai ilmu matematika yang dapat digunakan dalam bidang teknik informatika adalah kalkulus matematika diskrit, probabilitas, algoritma dan berbagai aplikasi/program computer yang menerapkan aplikasi matematika.

4. Kedokteran

Ilmu Matematika berperan dalam menghitung volume kanker dan koordinat-koordinatnya dengan penerapan kalkulus, bisa dengan integral cakram, lipat 2 bahkan lipat 3.

5. Arsitektur

Ilmu matematika digunakan dalam bidang arsitek banyak menggunakan ilmu geometri untuk menentukan bentuk ruang bangunan.

6. Perdagangan / Ritel

Para pedagang menggunkan ilmu matematika khususnya ilmu aljabar untuk menghitung keuntungan.

Jurusan matematika bisa disebut sebagai dasar dari segala jurusan lainnya. Seorang mahasiswa yang memilih jurusan matematika memiliki peluang pekerjaan yang sangat menjanjikan. Tidak hanya dapat bekerja dibidang akademi atau guru matematika di sekolah saja,tetapi juga memiliki kesempatan dibeberapa posisi pekerjaan yang melibatkan ilmu matematika. Nilai tambah bagi seseorang yang lulusan ilmu matematika adalah kemampuan computer dan bahasa pemrograman seperti html, Java, C++ dll.  Berikut ini beberapa profesi yang dapat dipilih oleh lulusan matematika :

1. Ahli statistika

Satistika merupakan ilmu yang diperlukan untuk seluruh system perusahaan untuk dapat mengetahui mana yang menjdi minat masyarakat dan meningkatkan kinerja perusahaan. Ahli statistika merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari perusahaan.

2. Aktuaris

Seorang aktuaris membutuhkan kemampuan analisis dibidang matematika untuk menentukan kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu dan dapat meminimalisi resiko dari peristiwa tersebut.

3. Akuntan

Seorang akuntan bertugas untuk menganalisis , memeriksa dan menginterpretasikan data akutansi untuk mempersiapkan statement finansial, memberikan saran, mengaudit dan mengevaluasi.

4. Insinyur antariksa dan insinyur mekanik

Para insinyur biasanya menjalankan tugas-tugas mereka yang berhubungan dengan mendesain, membangun, menginstalasi mesin dan peralatan lainnya.

5. Ahli ekonomi

Mengetahui hubungan sumber daya, pengaruhnya terhadap biaya dan pengaruhnya terhadap industry dan pemerintahan dengan cara menganalisisnya.

6. Animator

Animator menggunakan aljabar linier untuk membuat benda berputar, bergeser dan juga membuat bentuknya lebih besar dan lebih kecil.

7. Ahli pemrograman

Dengan matematika yang mencakup ke dalam berbagai topik dari studi teoritis algoritma dan perhitungan dapat membantu penerapan sistem komputasi dalam perangkat keras dan perangkat lunak.

Banyak sekali profesi yang berkaitan dengan ilmu matematika, untuk tidak sebaiknya kita tidak melihat matematika dari kerumitannya serta menganggap matematika sebagai suatu hal yang menakutkan dan tidak mempunyai peran dalam kehidupan, akan tetapi hayatilah matematika sebagai sebuah raja dari segala ilmu yang perannya saat ini sudah banyak kita rasakan walaupun tidak secara langsung.