IMPLEMENTASI ILMU STATISTIKA DAN PELUANG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Matematika merupakan momok menakutkan bagi banyak siswa-siswi saat ini, apabila mendengar nama “Matematika” akan langsung terlintas dibenak sebagai suatu hal yang rumit, penuh dengan perhitungan, dan penuh dengan rumus. Matematika kebanyakan dianggap sebagai suatu hal yang kurang menarik, ini mengakibatkan banyak murid yang tidak tertarik dalam mempelajari statistika.

Melalui kegiatan ini, diadakan kegiatan untuk membuka wawasan para siswa akan dunia matematika terutama Ilmu Statistika dan Ilmu Peluang. Dan membuka pola pikir siswa bahwa matematika merupakan ilmu yang sangat seru dan menyenangkan, serta dapat diamati di dalam kehidupan sehari-hari yang dekat dengan kita.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diadakan di MTS Nurul Falah yang beralamat di Jl. Pahlawan Kp. Bulak Saga RT.03/06 Cibadung, Gunung Sindur, Kab. Bogor pada Kamis, 19 Mei 2022. Para siswa dilatih untuk berpikir kreatif dalam ilmu Statistika dan Peluang, serta melihat implementasi langsung dari Ilmu Statistika dan Peluang dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diminta untuk membuat diagram dari aktivitas sehari-hari yang sudah menjadi rutinitas setiap siswa, serta konsep dasar dari penggunaan peluang dalam kegiatan yang dekat dengan siswa. Implementasi-implementasi berikut akan membuat siswa berpikir kreatif, karena data tiap-tiap siswa berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pamulang. Yang terdiri dari ketua kelompok Nur Fazrina, serta anggotanya Ferdinand Beltsazar, Nico Trisno, Nizar Ali Fahron, dan Ikhsan Ruwahda Putra. Serta dibimbing oleh Bapak Irfani Azis, S.Si., M.Si selaku dosen pembimbing dan Ibu Nina Valentika S.Si., M.Si. selaku narasumber.

Kegiatan dimulai oleh sambutan dari kepala sekolah MTS Nurul Falah, Bapak Andri Maulana S.Pd.I., dan sambutan dosen pembimbing Bapak Irfani Azis, S.Si., M.Si, foto Bersama serta penyerahan cenderamata dari mahasiswa untuk MTS Nurul Falah. Kemudian dilanjutkan dengan materi Statistika dan Implementasinya, Ice Breaking serta Materi Peluang dan juga Implementasinya. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab, penyerahan doorprize dan hadiah serta makan siang.