Dosen Dan Mahasiswa Prodi Matematika UNPAM Mengabdi Dengan Alat Peraga Matematika

 

Matematika bukan hanya berhitung tetapi matematika bisa juga bermain.

Program pengabdian untuk pembelajaran bagi anak yatim piatu dan dhuafa untuk membantu pemerintah dalam memperluas akses pendidikan serta berguna untuk anak-anak Indonesia untuk memperoleh pembelajaran matematika secara modern sejak dini. Program pengabdian ini bekerjasama dengan rumah cerdas Indonesia yaitu salah satu yayasan yatim piatu dan dhuafa.

Sejarah singkat mengenai Rumah Cerdas Indonesia adalah pada tanggal 19 Juli 2013, berawal dari keprihatinan terhadap kondisi masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum terberdayakan, dan kepedulian beberapa elemen masyarakat serta relawan, terbentuklah Rumah Cerdas Indonesia (RCI) yang peduli terhadap pemberdayaan masyarakat. Awalnya, RCI berfokus pada program pembinaan Anak Yatim dan Duafa. Seiring berjalannya waktu dan dengan semakin besarnya antusiasme serta kepercayaan masyarakat, RCI terus membenahi diri dan selalu berinovasi dalam pengembangan berbagai program pemberdayaannya. Pada tanggal 18 Maret 2014, Rumah Cerdas Indonesia Darul Auliyah terdaftar secara sah pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Program pengabdian dilaksanakan pada hari minggu tanggal 07 juli 2019 dengan tema “Pelatihan Penggunaaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Matematis Anak binaan Rumah Cerdas Indonesia” di Jalan Raya Villa Pamulang Blok CF-3 No. 1-2, Benda Pamulang Barat – Tangerang Selatan. Anak binaan di Villa pamulang sebanyak 12 anak, yang terdiri dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Anak binaan Rumah Cerdas Indonesia yang mengikuti kegiatan ini adalah Kamil (kelas 1 SD), Erna (kelas 3 SD), Daud dan Faisal (kelas 4 SD), Al Hafid (kelas 5 SD), Rafli (kelas 6 SD), Aldi Ilhamsyah (kelas VII SMP), Zulfikar dan Yuda Bachtiar (kelas VIII SMP), Rajwa dan Tommy Rusman serta Anhal Ramdhani (kelas XI SMP). Mereka sangat terlihat antusia mempelajari matematika dengan alat peraga matematika.

Adapun alat peraga yang digunakan merupakan hasil karya mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Pamulang tingkat akhir. Pada program ini, terdapat 5 mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Pamulang yang dilibatkan secara aktif. Mahasiswa tersebut bernama Herlangga (semester 2), Faiz (semester 2), Vidtya (semester 2), April(semester 2) dan Rival (semester 2). Mereka mengajarkan matematika kepada 12 anak binaan menggunakan alat peraga. Penggunaan alat peraga ini berguna untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan anak-anak binaan dalam belajar matematika. Sehingga, belajar matematika menjadi terasa menyenangkan dan menghilangkan anggapan bahwa matematika itu sulit.

Alat peraga yang digunakan seperti:

  1. Jam Sudut untuk mempelajari sudut secara menyenangkan
  2. Neraca Timbang untuk mempelajari bobot dari suatu bilangan
  3. Tangga Satuan Berat untuk mempelajari satuan berat dan sebagainya
  4. Ular Tangga untuk belajar berhitung dengan bermain.

Prodi Matematika Unpam secara simbolis menyumbangkan beberapa alat peraga kepada yayasan Rumah Cerdas Indonesia, agar dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh anak-anak binaan Rumah Cerdas Indonesia.

Sumbangan alat peraga matematika dari Prodi Matematika Unpam kepada Yayasan RCI

Sumbangan perlengkapan belajar dari Prodi Matematika Unpam kepada Yayasan RCI

Selain itu, ada 6 orang dosen prodi matematika yang terlibat dalam kegiatan ini, diantaranya Nina Valentika S.Si M.Si, Ilmadi S.Pd M.Pd, Usep Rahmat M.Si, Irvana Arofah, S.Pd M.Pd, Besse Arnawisuda Ningsi S.Si M.Si dan Dewi Purnama Sari M.Pd. Di akhir acara, semua dosen dan salah satu pengurus yaitu Pak Ali (Ketua Pembina RCI) membicarakan tindak lanjut dari program ini. Kemudian, disepakati bahwa dosen-dosen yang terlibat dalam program ini akan membuat proposal kerjasama yang ditujukan Program Studi Matematika Universitas Pamulang dan Rumah Cerdas Indonesia. Sehingga, Prodi Matematika Unpam dapat terus bermanfaat dan berbagi kepada masyarakat lebih luas lagi. (Red. Irv & Nv)

Leave a Reply

Your email address will not be published.