Bootcamp Data Science

Tepatnya pada hari Kamis tanggal 16 Juni tahun 2022 divisi Pendidikan dan Penelitian HIMATIKA Universitas Pamulang mengadakan bootcamp data science kepada seluruh pengurus HIMATIKA Universitas Pamulang periode 2022/2023. kegiatan ini bertujuan untuk membangun jejaring dan menambah wawasan pengurus, dan juga untuk dapat menyiapkan karir ke depannya apabila sudah lulus dari perkuliahan. Kegiatan ini dimulai pada pukul 14.00 WIB, di ruang 746 kampus Viktor Universitas Pamulang.

Adapun rangkaian acara yang berlangsung terdiri dari pembukaan, sambutan, presentasi, sesi Tanya jawab, sesi motivasi, penutup serta foto bersama. Acara ini dihadiri oleh Anisa Yuliani selaku ketua umum HIMATIKA Unpam, Fahmi Hamzah selaku salah satu Dewan Pengawas Kinerja (DPK) HIMATIKA unpam, Teguh Aji Pamungkas selaku ketua divisi pendidikan dan penelitian, Jessica Putri Bahari selaku ketua pelaksana bootcamp data science, seluruh panitia bootcamp data science, dan diikuti oleh 22 orang peserta bootcamp data science.

Acara dibuka oleh Pradina Arfiananda selaku pembawa acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Astrid Sulastri Madinah dilanjutkan dengan sambutan dari ketua umum HIMATIKA UNPAM Anisa Yuliani dan juga sambutan dari ketua pelaksana bootcamp Jessica Putri Bahari. Pada sambutan ketua pelaksana Jessica Putri Bahari menyampaikan ucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah menghadiri dan juga dukungan dari beberapa pihak baik panitia dan rekan-rekan semua sehingga bisa terselenggaranya acara pada hari ini.

Setelah sambutan selesai acara dilanjutkan dengan pembacaan petunjuk teknis dan pelaksanaan oleh Intan Idaman Halawa yang merupakan salah satu anggota divisi pendidikan dan penelitian, lalu dilanjutkan acara pendahuluan materi dari divisi pendidikan dan penelitian yang disampaikan oleh Teguh Aji Pamungkas, poin penting yang disampaikan yaitu lebih kepada pengenalan data science, data analyst yang memang merupakan profesi yang sedang naik daun pada saat ini, dan juga menjelaskan peralatan yang harus bisa dikuasai penggunaan untuk menunjang profesi-profesi tersebut. Setelah selesai pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab pada sesi ini banyak peserta bootcamp yang antusias dalam menanyakan materi yang telah disampaikan dan berlangsung secara interaktif mengenai pembahasan berbagai bidang yang berkaitan dengan data dan lain sebagainya. Selesai sudah sesi Tanya jawab lalu dilanjut dengan mengerjakan quiz yang telah disiapkan mengenai pembelajaran pada pendahuluan bootcamp yang telah diparparkan dan para peserta mengerjakan dengan antusias dan serius.

Setelah selesai acara selanjunya yaitu penyampaian motivasi-motivasi dari pemateri yaitu Fahmi Hamzah yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada divisi pendidikan dan penelitian dan juga kepada para pengurus yang memberikan dukungan dan antusiasnya dalam terselenggaranya acara bootcamp ini, lalu dilanjut dengan penyampaian motivasi mengenai berbagai bidang yang memang membutuhkan kemampuan dari seseorang data science yaitu meliputi pendidikan, kesehatan, bisnis, manufaktur, e-commerce, dan lain sebagainya.

Acara ditutup oleh MC dan diadakan sesi foto bersama dengan peserta dan panitia bootcamp data science HIMATIKA UNPAM.